10 Macam Penghapus Dosa

SEPULUH MACAM PENGHAPUS DOSA
  1. Istighfar (memohon ampun)
  2. Taubat
  3. Mengerjakan amal-amal kebaikan yang menghapuskan dosa, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an : “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS. HUUD (11)): 114)
  4. Berbagai musibah yang menimpa diri manusia yang lemah karena dosa yang telah dilakukannya. Yang peling berat adalah musibah yang mengantarkannya pada kematian dan yang peling ringan adalah duri yang menusuk pada dirinya serta teriknya matahari yang menyengtnya.
  5.  Do’a orang mukmin sholih yang diperuntukan bagi yang bersangkutan.
  6. Kerasnya rasa sakit saat meregang nyawa dan kesulitan yang dialami oleh yang bersangkutan saat menghadapi kematiannya yang kepedihan dan rasa sakitnya tak terperikan. Semoga Allah meringankan penderitaannya bagi diri kami dan juga bagi diri Anda sekalian pada saat yang kritis itu. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
  7. Adzab kubur. Tahukah Anda apakah adzab kubur itu? Adzab kubur pasti akan mencabut kalbu orang-orang yang mengesakan dan pasti akan terasa hampir melayanglah jiwa para ahli ibadah karena membayangkannya, jika mereka mempunyai keyakinan tentangnya.
  8. Ketakutan yang sangat pada hari menghadap kepada Allah SWT pada hari kiamat nanti. Itulah saat kita keluar dari kuburan kita dalam keadaan menangis karena berdosa seraya memikul segala kesalahan dan kedurhakaan yang telah kita lakukan, lalu kita datang  untuk dihadapkan kepada peradilan Allah SWT.
  9. Syafa’at Rasulullah SAW, syafa’at para wali, dan syafa’at orang-orang sholih. Sesungguhnya hal ini telah dinyatakan kebenarannya oleh kalangan ulama ahli sunnah wal jama’ah.
  10. Rahmat dari yang Maha Penyayang diantara para penyayang  saat semua rahmat telah habis, semua pintu telah tertutup dan habislah semua kemampuan para hamba. Saat itulah datang pertolongan dari Yang Maha Esa lagi Maha Membalas dan datanglah rahmat dari Allah SWT, lalu Dia merahmati, menolong, dan menyayangi. Maka rahmat-Nya adalah akhir dari segalanya. Yaitu rahmat dari Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply

SUBRO AL-FARIZI

)

Followers