Tahu Gejrot Khas Cirebon


Tahu Gejrot Khas CirebonJAKARTA, JCDnews - Ingin bernostalgia dengan jajanan di waktu kecil? Tahu gejrot, rasanya menjadi jawaban yang pas. 
Tahu gejrot bukan hanya digemari oleh anak-anak, namun juga orang tua. Makanan ini merupakan salah satu khasanah kuliner khas Cirebon.

Seperti namanya, makanan ini berbahan utama tahu. Namun jenis tahu yang disajikan memiliki kekhasan tersendiri. Tahu matang berongga dengan kulit tahu yang renyah dan daging tahu yang tipis menempel pada kulitnya membuat keunikan tekstur tahu yang berbeda dengan jenis tahu lainnya di Indonesia.

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula. Karena disajikan dengan tumbukan bawang merah mentah dan cabe rawit sehingga rasa pedas manis menjadi kekhasan rasa tahu ini.

Semakin unik karena tahu gejrot ini disajikan di atas piring tembikar sehingga nuansa tradisionalnya semakin menambah cita rasa Cirebon. Biasanya, makanan ini banyak dijajakan oleh pedagang keliling pada siang hari di pusat-pusat meramaian Kota Cirebon. Tapi jangan takut, di Jakarta juga ada loh.

Selain bahan-bahannya yang mudah diperoleh, proses pembuatannya pun sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat tahu gejrot, berikut ini bahan-bahan serta cara pembuatannya.

BAHAN:
24 buah tahu sumedang goreng, potong-potong

Kuah:
4 sdm air asam jawa
2 sdm kecap manis
350 ml air
150 g gula merah, sisir
1 sdt garam

Bumbu, tumbuk kasar:
10 butir bawang merah
6 buah cabai rawit hijau
5 siung bawang putih

CARA MEMBUAT:
    •    Kuah: Didihkan semua bahan. Angkat. Saring.
    •    Penyajian: Ambil 1 buah piring saji.
    •    Letakkan 1 sdm bumbu kasar, tuangi kuah. Tambahkan potongan tahu. Sajikan. Untuk 6 porsiJakartacitydirectory.com (Ana R)

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
0 Responses
Leave a Reply

SUBRO AL-FARIZI

)

Followers